News Update :
Home » , » PENGANTAR ILMU SASTRA

PENGANTAR ILMU SASTRA

Penulis : kumpulan karya tulis ilmiah on Tuesday, January 14, 2014 | 6:26 AM

PENGANTAR ILMU SASTRA : Perkenalan: dosen memberi contoh perkenalan diri. Asal, pendidikan, mengapa senang sastra, sejak kapan, dsb. Pengalaman menulis sastra dan studi sastra. Perkenalan satu per satu mahasiswa: mengapa (terdampar) di PBSID. Setiap kali ada yang menarik dikomentari. 

Prospek PBSID: guru, wartawan, guru bahasa Indonesia untuk orang asing, redaksi, editor, penerbitan, pengarang. Kemungkinan dari PBSID. Jadi guru. Apa sih enaknya jadi guru? Guru sastra. Apakah sastra itu? Sastra adalah bidang humaniora. Humaniora adalah ...... menjadikan orang bermoral, terdidik, beradap dan kreatif. 

Sekarang, kenyataannya kuliah di PBSID. Bisa asal jalan nantinya jadi orang mogol, frustrasi, atau sadar akan keadaan, menerima dan mencintai, mau serius, sedikit demi sedikit mencintai PBSID, putar haluan. Perjalanan hidup/nasib: antara yang ideal dan kenyataan. 

Saudara untuk menikmati hidup di PBSID hendaknya mulai mencintai dunia PBSID. Menyenangi sastra. Suka membaca karya sastra. Mulailah mencintai sastra.Penting: jangan setengah2 -> mogol: kuliah tidak tuntas, lulus2-an, sulit cari kerjaan. Prospek PBSID: guru yang punya peran penting dalam masyarakat, dalam profesi guru (Bu Sigit, Pak guru De Britto); guru dan penulis; dosen dan wartawan, dosen dan penyair; penyair yang dapat penghargaan (Joko Pinurba). 

Baca puisi Rendra, Seonggok Jagung di Kamar. Hubungkan dengan pendidikan yang kreatif, bukan pendidikan yang konsumtif. Pendidikan yang memerdekakan. Contoh pendidikan Rm. Mangun mengajari orang bertanya. Tanya tanda ingin tahu. Orang yang pasif: lulus sekolah menunggu orang memberi/menawari pekerjaan. Atau mungkin melamar pekerjaan, menunggu. Tidak bisa mencipta pekerjaan. 

Ambil contoh mengenai majalah anak jalanan "JEJAL". Mereka meskipun tak terpelajar, bisa membuat majalah. Meskipun tulisan tangan, jadilah. Mereka miliki kemauan dan keberanian. Itu yang penting.Contoh seri buku JEJAL. Anak tidak terpelajar, tak tamat SD,SMP, sanggup menulis semacam majalah. Kere yang sukses adalah ..., hlm 15; Cerita Feri, hlm. 10.

Salah satu kegunaan sastra adalah membuat orang kreatif. Kreativitas bisa mengatasi masalah dalam hidup. Orang yang kreatif bisa menghadapi tantangan2 kehidupan. Bisa bertahan hidup bahkan hidup dengan sukses. Contoh dari kreativitas.

Orang yang kreatif: dagadu, pabrik kata2, Kreativitas itu penting dalam kehidupan. Dengan kehendak gila dan kreativitas kita tidak akan mati kelaparan. Sebaliknya bisa mengantar orang menjadi orang sukses. Nyoman Togog tidak lulus SD tetapi karena kreativitas dan hoki, akhirnya dia menjadi seniman erkenal. Gagasannya sebetulnya sederhana, yaitu membuat pahatan yang menyerupai uah-buahan: pisang, jambu, apel, salak, alpokad, dsb. Dan ternyata gagasannya itu disenangi khalayak. Laku jual. 

Adiknya Jaya Suprana di Bali mencipta 'pabrik kata-kata'. Dia membuat slogan-slogan, kata-kata plesetan yang menyebabkan orang tersenyum, entah dalam tulisan kaos, dalam souvenir, dalam bahasa Inggris, Indonesia. Ungkapan-ungkapannya menarik minat banyak orang. Para turis ingin membawa slogan-slogan itu ke tempat asal mereka. Maka mereka membeli souvenir. Lakulah dagangannya dan digemari. Hampir setiap turis ingin mampir ke pondok 'pabrik kata-kata'. Larislah dagangannya. Dia hanya berdagang ide. Bisa dibandingkan dengan Dagadu Yogya. Kalau kaum muda, pelajar, mahasiswa luar Yogya pergi ke Malioboro, yang diburu adalah kaos Dagadu. Ke Yogya belum membeli paling tidak tas, dompet, maupun souvenir merk Dagadu, rasanya belum puas. 

Orang yang kreatif itu bisa membuat barang yang tidak dipakai, bekas, maupun sesuatu yang semestinya mengganggu, menjadi berguna. Misalnya lihat artikel majalah ini: "Mengais rejeki lewat sampah enceng gondhok." Di sini dikatakan bahwa Enceng Gondhok yang biasanya dianggap sebagai pengganggu, sebetulnya banyak yang bisa dimanfaatkan. Banyak orang di sekitar Rawa Pening antara Ambarawa dengan Salatiga, hidup dari mengais rejeki kotoran Enceng Gondhok. Lumpur, kotoran dari Enceng dikumpulkan orang, dicampur sedikit kapur, jadilah pupuk hebat. Dijual ke Dieng untuk pupuk jamur merang, dibungkus plastik per kilo dijual untuk pupuk taman. Beberapa perusahaan menumpuk lumpur itu menjadi pegunungan dan setiap hari membawanya bertruk-truk ke Dieng.

Lalu batang atau pelepah Enceng Gondhok itu juga dibudidayakan menjadi bahan untuk tas, yang banyak digemari kaum muda. - Pemulung jadi jutawan berkat plastik sampah - Menghias cangkok telur; pakaian dari bahan bekas.- Budi daya jangkrik makin dilirik
Coba buat kreasi baru 

Semangat manusia ke bulan; semangat Columbus; ide gila; penemuan pesawat, telephon, tivi, berawal dari ide gila.

Menghapus t dari I can't: perasaan 'tidak bisa' melumpuhkan kehidupan. Sebaliknya perasaan 'tak ada lautan yang tak terseberangi, tak ada gunung yang tidak terdaki, tak ada jurang yang tidak bisa dituruni'. Berpikirlah bahwa 'saya bisa'. Seorang cedera lutut yang menjadi juara main ski. Buku2 yang laris di Amerika dan dunia: Chicken soup for the soul, positif thinking, Emotional Inteligent, seven habits.

Cara mengampu mata kuliah yang baik, dengan contoh. Contoh yang dekat dengan mahasiswa. Yang up-to-date dan kontekstual. "Aku ingin jadi ..." atau "Cita2 saya." Cita-cita semula maupun cita2 sekarang (setelah saya sekarang ini jadi mahasiswa PBSID). Untuk mencapai cita2 itu, apa yang harus kukerjakan. 

Pembelajaran di PT, bukan pengajaran. Dalam pembelajaran, jangan hanya menerima mata pelajaran dan menghafal, tapi harus menerimanya secara kritis, mengolahnya dan merefleksikannya. Baru membatinkannya. Menurut pemikiran Sudarminto, salah satu tantangan pendidikan masa depan adalah bagaimana mengupayakan pendidikan yang membentuk pribadi yang mampu belajar sendiri seumur hidup (lifelong learning) (Atmadi (ed.), 2000: 6). Menghadapi tantangan perubahan sosial yang cepat, pendidikan masa depan perlu sejak dini melatih peserta didik untuk mampu belajar secara mandiri dengan memupuk sikap gemar membaca, dan mencari serta memanfaatkan sumber informasi yang diperlukan untuk menjawab persoalan yang dihadapinya. Tidak kalah penting dari itu semua adalah belajar bagaimana belajar (learning how to learn), baik secara mandiri maupun dalam kerja sama dengan orang lain (Atmadi (ed.), 2000: 7).

Situasi pendidikan sekarang? Pendidikan di sekolah sekarang ini diisi kurikulum yang sangat padat. Murid dibebani banyak tugas, dijejali oleh hafalan2, sehingga murid dan orang tua sangat menderita. Anak2 dipaksa masuk IPA, mendapatkan NEM yang tinggi dengan cara apa pun. Les tambahan di mana2. ---> manusia2 menghafal, robot, tidak kreatif. Pengajaran sekarang = indoktrinasi. 

Sistem pendidikan kita: seperti bank, guru pandai - murid bodoh. Penuh ilmunya; murid kosong, guru mengerti semuanya, mengajar, menentukan, siswa menurut; guru aktif: indoktrinasi.Di PT pun, mahasiswa sulit bertanya. Sulit diajak untuk aktif. Karena apa? Pddk di SD, SMP, SMU dijejali ajaran2 untuk jadi penurut, bersikap pasif. Tidak pernah diajak dialog. Menurut penggagas pendidikan modern, Paulo Freire, pendidikan harus membebaskan dan memerdekan siswa. membentuk pribadi yang mampu belajar sendiri terus-menerus seumur hidup (life-long learning). Mampu mengolah masalah. Untuk menjadi manusia kritis dan kreatif. Siswa diajak untuk tidak hanya menelan saja apa yang diberikan di sekolah. Tapi harus mencernanya. Mengkritisinya.

Proyek sekolah Mangunan oleh Rm. Mangunwijaya, sejak SD peserta didik perlu dilatih aktif bertanya, mengamati, menyelidiki, serta membaca untuk mencari dan menemukan jawaban. Sarana: perpustakaan, tempat penelitian (lab.). Stasi2 di mana pr siswa van Lith mengajar agama, merupakan salah satu lab yang bagus.

Di era reformasi pendidikan ini, sbg pendidik, guru harus mampu berdialog untuk perkembangkan peserta didik. Sebagai siswa, apakah kita hanya berperan pasif sebagai pendengar saja, duduk manis di bangku kelas, melainkan mau aktif sebagai manusia yang mencari, dengan membaca di perpus, bertanya, bereksperimen sebagai manusia eksploratif di laboratorium. Hanya dengan demikian kita bisa mewujudkan manusia Indonesia kreatif. Justru hidup dengan tantangan. Seperti korek api yang menyala saat hadapi benda keras.
Share this article :

Post a Comment

 
Design Template by panjz-online | Support by creating website | Powered by Blogger