Pages - Menu

Saturday, January 18, 2014

PENGERTIAN INTERAKSI SOSIAL

Pengertian Interaksi Sosial : Interaksi sosial dapat diartikan sebagai hubungan-hubungan sosial yang dinamis. Hubungan sosial yang dimaksud dapat berupa hubungan antara individu yang satu dengan individu lainnya, antara kelompok yang satu dengan kelompok lainnya, maupun antara kelompok dengan individu. 

Proses Interaksi sosial menurut Herbert Blumer adalah pada saat manusia bertindak terhadap sesuatu atas dasar makna yang dimiliki sesuatu tersebut bagi manusia. Kemudian makna yang dimiliki sesuatu itu berasal dari interaksi antara seseorang dengan sesamanya. Dan terakhir adalah Makna tidak bersifat tetap namun dapat dirubah, perubahan terhadap makna dapat terjadi melalui proses penafsiran yang dilakukan orang ketika menjumpai sesuatu. Proses tersebut disebut juga dengan interpretative process.

Interaksi sosial bisa terjadi bila dua individu melakukan kontak sosial atau komunikasi. Karena dengan itulah orang bisa dikatakan melakukan sebuah interaksi. Kontak sosial merupakan tahap paling awal di dalam sebuah interaksi. Di tahap ini seseorang akan membuthkan orang lain sebagai patner. Setelah seseorang melakukan kontak sosial tahap yang selanjutnya adalah komunikasi. Komunikasi adalah penyampaian informasi atau memberikan tanggapan. Dan setelah penyampain inforamasi atau tanggapan akan terjadi sebuah reaksi. Dan dari situlah tanpa di sadari seseorang telah melakukan sebuah interaksi. Karp dan yoels menunjukan beberapa hal yang dapat menjadi sumber informasi dimulainya komunikasi atau interaksi sosial. Sumber itu terbagi menjadi dua yaitu ciri fisik dan ciri penampilan. Cirri fisik adalah segala sesuatu yang di miliki individu sejak lahir yang meliputi jenis kelamin, usia, dan ras. Ciri penampilan lebih kepada daya tarik fisik baik itu bentuk tubuh, berbusana, dan wacana. 

Interaksi akan selalu terkait dengan komunikasi atau hubungan. Dalam proses komunikasi, dikenal adanya unsur komuniakan dan komunikator. Jadi makna interaksi tidak jauh beda dengan makna komunikasi. Di dalam buku interaksi dan motivasi belajar mengajar pengertian komunikasi adalah “berpartisipasi”,“memberitahukan”,“menjadi milik bersama”. Kalau di hubungkan dengan istilah interaksi edukatif mempunyai pengertian komunikasi timbal balik antara pihak yang satu dengan pihak yang lain. Dan mempunyai maksud tertentu untuk mencapai pengertian dan tujuan bersama. 

Selain itu juga merupakan suatu wadah untuk menjalin suatu komunikasi bersama dalam mencapai tujuan. Interaksi pada dasarnya bertujuan mengubah seseorang menjadi lebih baik dari sebelumnya. Dan interaksi tersebut bisa terjadi di manapun kita berada tetapi sering kita tidak menyadarinya. Sebagai contoh ketika di sebuah rumah dan di situ terdapat keluarga. Dan di dalamnya ada seorang anak laki-laki, anak perempuan, ibu dan ayah. Dan mereka sedang asyik mengobrol membahas persoalan keluarga sehingga mencapai tujuan yang sama. Dan tanpa di sadari sesungguhnya mereka sudah melakukan yang namanya interaksi antara anak laki-laki, anak perempuan, bapak dan Ibu.

Dan interaksi sosial memiliki keterkaitan dengan dimensi ruang dan waktu, juga dengan situasi. Yang termasuk batasan ruang dan waktu yaitu batasan jarak ( jarak intim, jarak pribadi, DLL), dan batasan toleransi waktu, dan keduanya itu mempunyai pengaruh. Situasi adalah keadaan seseorang sebelum memberikan reaksi.

No comments:

Post a Comment