News Update :
Home » , , , , , , » Pengertian Fungsi JANGKA SORONG, MISTAR, MIKROMETER SEKRUP

Pengertian Fungsi JANGKA SORONG, MISTAR, MIKROMETER SEKRUP

Penulis : kumpulan karya tulis ilmiah on Tuesday, August 7, 2018 | 8:15 PM

JANGKA SORONG

Pengertian Jangka Sorong
Jangka sorong merupakan alat yang digunakan untuk mengukur panjang dan ketebalan sebuah benda dengan tingkat ketelitian mencapai 0,1 milimeter. Alat ini dapat menampilkan ukuran dengan sangat terperinci bila dibandingkan dengan beberapa alat ukur yang lain, semisal penggaris.

Cara kerja jangka sorong dalam pemakaian, umunya digunakan untuk mengukur besaran panjang, ketebalan serta diameter luas, dalam suatu benda. Dengan skala paling kecil yaitu 0,1 milimeter, alat ini dapat mengukur dengan ketelitian rata-rata 0,05 milimeter.

Skala jangka sorong dibagi menjadi dua yaitu skala utama dengan satuan centimeter dan skala Nonius dengan satuan milimeter. Kemudian pada bagaian rangah tetap atas dan bawah tidak bisa diubah posisinya. Sedangkan rahang ubah atas dan bawah dapat diubah serta ada pengunci putar.

Fungsi Jangka Sorong
Ada beberapa fungsi dari jangka sorong atau vernier caloper dalam pengukuran suatu benda, beberapa diantaranya sebagai berikut:
Digunakan untuk mengukur tinggi suatu benda yang bertingkat.
Digunakan untuk mengukur ketebalan suatu benda, seperti bagian dalam atau luar. Benda yang diukur dapat berbentuk bulat, kubus, bujur sangkar, persegi, dan berbagai macam bentuk lainnya.
Dapat difungsikan saat mengukur Inner ring atau diameter bagian dalam suatu benda.
Memiliki fungsi untuk mengukur Outer ring atau diameter bagian luar. Dan juga mengukur ketebalan bagian dalam suatu benda.
Bisa digunakan untuk mengukur kedalaman suatu benda.
Alat ukur ini umumnya digunkan untuk mengukur benda yang membutuhkan hasil nilai ukur yang presisi serta akurat. Bahkan alat ini mampu menampikan hasil ukuran sampai seperseratus milimeter.

M I S T A R
 
Pengertian Mistar (Penggaris)
Mistar atau penggaris adalah alat ukur panjang yang sering digunakan. Alat ukur ini memiliki skala terkecil 1 mm atau 0,1 cm. Mistar memiliki ketelitian pengukuran setengah dari skala terkecilnya yaitu 0,5 mm.

Pada saat melakukan pengukuran dengan mistar, arah pandangan harus tegak lurus dengan dengan skala pada mistar dan benda yang diukur. Jika tidak tegak lurus maka akan menyebabkan kesalahan dalam pengukurannya, bisa lebih besar atau lebih kecil dari ukuran aslinya.
 

Fungsi Mistar (Penggaris)
Alat ukur panjang yang sering digunakan adalah mistar/penggaris memiliki sklala terkecil sebesar 1 mm. Mistar memiliki ketelitian sebesar 0,5 mm diperoleh dari setengan dari skala terkecil. Penggaris/mistar digunakan untuk mengukur benda-benda berbidang datar serta berdimensi kecil saja semisal gambar ataupun ubin


MIKROMETER SEKRUP
Pengertian Mikrometer Sekrup
Mikrometer Sekrup ialah salah satu Alat Ukur yang bisa digunakan untuk mengukur Panjang suatu Benda dan mengukur Tebal sebuah benda serta mengukur Diameter Luar sebuah benda dengan tingkat ketelitian mencapai 0.01. Tetapi perlu kalian ketahui sebagai Pelajar maupun Masyarakat Umum bahwa Fungsi Alat Ukur Mikrometer ini sebenarnya mempunyai kesamaan dengan Fungsi Alat Ukur Jangka Sorong dalam menghitung suatu panjang, tebal dan diameter sebuah benda, hanya saja tingkat ketelitian Alat Ukur Mikrometer lebih tinggi sepuluh kali lipat daripada Jangka Sorong karena Jangka Sorong memiliki tingkat ketelitian sebesar 0.1 dan Ketelitian Alat Ukur Mikrometer mencapai 0.01 sehingga kesimpulannya Micrometer lebih baik daripada Jangka Sorong.


Fungsi Mikrometer Sekrup Adapun untuk Fungsi Alat Ukur Mikrometer Sekrup yang benar ialah untuk mengukur Panjang sebuah benda, mengukur diameter luar benda dan mengukur ketebalan suatu benda yang mempunyai ukuran yg cukup kecil seperti benda lempeng baja, aluminium, diameter suatu kabel, kawat, lebar suatu kertas maupun benda – benda yg lainnya. Lalu Kegunaan Alat Ukur Mikrometer Sekrup untuk mengukur Panjang, Tebal dan Diameter suatu benda dengan tingkat ketelitian mencapai 0.01 mm yang merupakan tingkat ketelitian yang lebih tinggi sepuluh kali lipat dibandingkan dengan Alat Ukur Jangka Sorong karena Jangka Sorong hanya memiliki tingkat ketelitian sekitar 0.1 mm saja.
Share this article :

Post a Comment

 
Design Template by panjz-online | Support by creating website | Powered by Blogger