News Update :
Home » » Peran System Teknologi Informasi Didalam Organisasi

Peran System Teknologi Informasi Didalam Organisasi

Penulis : Unknown on Thursday, August 8, 2013 | 6:52 AM

Peran System Teknologi Informasi Didalam Organisasi 
System teknologo informasi memberikan lima utama dalam organisasi, yaitu untuk meningkatkan (1) efisiensi, (2) efektivitas, (3) komunikasi, (4) kolaborasi, (5) kompetitif. 

1. Efisiensi 
Pada awalnya system teknologi informasi digunakan untuk pengolahan transaksi ( TPS ). Tujuan dari TPS adalah menggantikan pengolahan transaksi oleh manusia dengan transaksi system teknologi informasi. System teknologi yang berorientasi pada TPS saja berperan untuk meningkatkan efisiensi. Selain TPS yang perannnya sebagai efisiensi adalah PCS ( Proses Control System ). 

2. Efektivitas 
Untuk meningkatkan efektivitas dapat dicapai dengan SIM ( System Informasi Manajemen ), DSS ( Decision Support System ), GSS ( Group Support System ), GIS ( Geographic Information Sistem ), ES ( Expert System ), EIS ( Executive Information System ), dan ANN ( Artificial Neural Network ). Teknologi ini memberikan informasi kepada manajer didalam organisasi untuk mengambil suatu keputusan dengan efektif. Lebih efektif karena pengambilan keputusan didasarkan dengan informasi yang akurat, tepat waktu dan relevan. 

3. Komunikasi dan Kolaborasi 
Suatu system teknologi informasi untuk komunikatif dan kolaboratif dapat dicapai dengan menerapkan OAS ( Office Automation System ), yang mengintegrasikan antara manajer dengan pengguna secara elektronik. 

4. Kompetitif 
System teknologi informasi adalah untuk meningkatkan daya kompetitif. Peran ini dapat dicapai dengan menggunakan SIS ( Strategic Information System). 
  • TPS ( Transaksi Processing System ) merupakan aplikasi yang digunakan untuk merekam data aplikasi bisnis ke dalam basis data ( data base ) yang selanjutnya akan menghasilkan laporan-laporan operasi bisnis. 
  • PCS ( Process Control System ) merupakan jenis aplikasi yang menggantikan manusia dengan teknologi dip roses transaksi. 
  • SIM ( Sistem Informasi Manajemen ) adalah system teknologi informasi untuk mendukung pengambilan keputusan mereka. 
  • DSS ( Decision Support System ) adalah system interaktif dan ad-hoc untuk mendukung keputusan setengah terstruktur ( semi structured decision ) manajer tingkat menengah. 
  • GSS ( group support System ) merupakan DSS yang digunakan untuk pengambilan keputusan secara team yang dipercaya akan menghasilkan keputusan yang lebih baik. 
  • GIS ( Geographic Information System ) adalah system teknologi informasi apapun baik itu SIM atau DSS yang menggunakan tampilan pada Geographic. 
  • ES ( Expert System ) merupakan system yang mengandalkan basis pengetahuan ( Knowledge Base ) yang harus diisi dari seorang pelajar. 
  • EIS ( Executive Information System ) merupakan system yang diperlukan oleh eksekutif puncak, karena persaingan bisnis yang kebih tajam dan menuntut. Eksekutif didukung oleh system teknologi informasi yang interaktif. 
  • ANN ( Artificial Neural Network ) adalah system teknologi informasi yang mencoba meniru kerja dari jaringan saraf otak. 
  • OAS ( Office Automatic System ) merupakn system yang memberikan fasilitas pengolahan kata, pengolah dokumen, penjadwalan, komunikasi dan koloborasi antar manajer didalam organisasi melalui jaringan internet. 
  • SIS ( System Informasi Strategic ) adalah system-sistem teknologi informasi yang dimaksudkan untuk mendapatkan keunggulan kompetitif. Yang mana system ini adalah sebagai system-sistem teknologi informasi apapun dari tingkat manapun didalam organisasi yang dapat memberikan keuntungan karakteris. 
DAFTAR PUSTAKA 
Jogiyanto H.M.”Sistem Informasi”.Yogyakarta:AndiOffset.2005
Share this article :

Post a Comment

 
Design Template by panjz-online | Support by creating website | Powered by Blogger