Pages - Menu

Sunday, January 12, 2014

Defenisi Lingkungan Sosial/Budaya

Lingkungan Sosial/Budaya  : Beberapa ciri kebudayaan utama dan kecenderungan minat mereka terhadap para pamasar : 

a. Nilai-nilai budaya pokok bertahan kuat, 
Orang yang hidup di suatu masyarakat tertentu memiliki beberapa kepercayaan dan nilai-nilai inti yang cenderung bertahan secara mantap. Kepercayaan dan nilai inti diturunkan dari orang tua pada anak-anak dan diperkuat oleh lembaga-lembaga masyarakat utama, yaitu : sekolah, perusahaan, masjid/gereja, dan pemerintah. Kepercayaan dan niali-nilai sekunder lebih mudah berubah. Para pemasar mempunyai peluang cukup untuk mengubah nilai-nilai sekunder, tetapi peluangnya kecil untuk mengubah nilai-nilai inti. 

b. Setiap budaya mempunyai sub-budaya 
Setiap masyarakat mempunyai sub-budaya, terdapat sekelompok orang yang mentaati sistem nilai yang muncul dari pengalaman hidup umum di lingkungan mereka. 

Sejauh kelompok-kelompok sub-budaya ini menunujukkan keinginan dari perilaku konsumsi yang berbeda, para pemasar dapat memilih sub-budaya tertentu sebagai pasar sasaran mereka. 

c. Nilai-nilai budaya sekunder berubah dari waktu ke waktu 
Para pemasar perlu memberikan perhatian besar dalam menentukan secara tepat peluang-peluang atau ancamanpemasaran baru. 

Nilai-nilai budaya pokok dari suatu masyarakat dinyatakan dalam hubungan orang dengan sesamanya, orang lain, lembaga, masyarakat, alam dan kosmos. 

d. Hubungan orang dengan diri mereka sendiri 
Implikasi pemasaran dari suatu masyarakat yang berorientasi pada pemuasan diri makin banyak. Ornag mempergunakan produk, merk, danpelayanan sebagai alat utnuk menyatakan atau mengekspresikan dirinya. 

e. Hubungan orang dengan pihak lain 
Dalam hubungannya dengan pihak lain, orang menginginkan hubungan yang akrab, daripada hubungan yang bersifat resmi, hal ini mempunyai beberpa implikasi pemasaran. 

f. Hubungan orang dengan lembaga 
Orang berbeda-beda dalam sikap mereka terhadap badan hokum, lembaga pemerintah, serikat dagang, universitas dan lembaga-lembaga lainnya. 

Beberapa implikasi pemasarannya adalah sebagai berikut : 
  • Perusahaan perlu memperoleh cara-cara baru untuk memenangkan kepercayaan konsumen. 
  • Perusahaan perlu meninjau kembali kegiatan periklanannya untuk meyakinkan bahwa isi iklan mereka adalah jujur. 
  • Makin banyak perusahaan sekarang beralih untuk lebih mendengarkan aspirasi masyarakat (social audit) dan meningkatkan hubungan masyarakat untuk membangun citra yang positif dengan masyarakat mereka. 
g. Hubungan orang dengan masyarakat 
Sikap orang terhadap masyarakat berbeda-beda, baru-baru ini, konsep cara hidup telah digunakan untuk menggolongkan hubungan orang dengan masyarakat tempat tinggal mereka. Orang dapat termasuk ke dalam salah satu diantara enam kelompok cara hidup, yaitu : 

1. Pencipta 
Adalah : orang-orang yang membuat suatu sistem bekerja. Mereka adalah : 
- pemimpin yang menonjol, 
- terlibat dalam peristiwa-peristiwa dunia, umumnya kaya dan ambisius, 
- ahli di suatu bidang atau profesi dan termasuk manajer dan pemegang saham perusahaan. 

2. Pemelihara 
Adalah : orang yang merasa tentram dengan hal-hal yang sudah lazim dan bangga dengan tradisi. 
Mereka merupakan suatu kekuatan yang besar untuk memajukan stabilitas dalam suatu dunia yang berubah. 

3. Pengambil 
Mengambil apa yang dapat mereka peroleh dari suatu sistem 
Mereka tinggal di tapal batas dunia kerja, menemukan kesenangan di luar dunia kerja, dan tertarik pada birokrasi dan kedudukan yang tetap. 

4. Pengubah 
Cenderung mengubah sesuatu sesuai dengan pandangan mereka. 
Mereka adalah kritikus, pembangkang, kaum radikal, pembebas, pembela, dan pengeluh dan bagian penting dari para pelaku. Perhatianmereka terpusat ke luar. 

5. Pencari 
Adalah : seseorang yang berupaya mencari pegangan yang lebih baik, pengertian yang lebih mendalam, pengalaman yang lebih kaya, suatu pandangan universal. 
Usaha pencarian cenderung bersifat kepuasan batin 
Mereka sering menjadi penemu dan pencari gagasan baru. 

6. Para pelarian 
Mempunyai dorongan untuk melepaskan, melarikan diri dari kenyataan. 

Para pemasar dapat memandang kelompok-kelompok cara hidup itu sebagai segmen/pangsa pasar dengan kebutuhan simbolis dan material yang khas. 

h. Hubungan orang dengan alam 
Sikap orang terhadap dunia fisik berbeda-beda ada yang merasa bahwa : 
- alam menguasainya, 
- merasa selaras dengan alam 
- berusaha untuk menguasainya, melalui teknologi 

a. Hubungan orang dengan alam semesta
Kepercayaan orang tentang asal-usul alam semesta dan kedudukan mereka dalam alam semesta itu berbeda-beda.

No comments:

Post a Comment