Lingkungan Mikro
1.
Perusahaan
Manajemen pemasaran harus
bekerjasama dengan kelompok-kelompok lainnya dalam perusahaan untuk merancang
dan melaksanakan rencana-rencana pemasarannya.
2. Pemasok
(supplier)
adalah
: perusahaan-perusahaan dan individu yang menyediakan sumberdaya yang
dibutuhkan oleh perusahaan dan para pesaing untuk memproduksi barang dan jasa
tertentu.
1. Para Perantara Pemasaran (Marketing
Intermediaries)
adalah : perusahaan-perusahaan yang
membantu perusahaan itu dalam promosi,
penjualan dan distribusi barang-barangnya kepada para pembeli terakhir.
Perantara pemasaran meliputi :
a.
Perantara
adalah
: perusahaan dagang yang membantu perusahaan untuk
menemukan pembeli dan/atau menutup
penjualan dengan mereka.
Perantara terbagi menjadi :
s Agen Perantara (seperti : agen, pialang
dan perwakilan produsen) yang mencari dan menemukan para pelanggan dan/atau
melakukan perjanjian dengan pihak lain, tetapi tidak memiliki hak atas barang
dagangannya.
s
Pedagang
perantara (seperti : pedagang besar, pengecer dan para penjual kembali lainnya)
yang membeli suatu produk, memiliki produk-produk tersebut, serta menjualnya
kembali sebagai barang dagangan.
Perantara menciptakan :
-
kegunaan dari segi tampat, kegunaan dari sudut rupa-rupa,
-
kegunaan dari sudut waktu, kegunaan dari sudut memperoleh barang.
-
kegunaan dari sudut kuantitas,
b.
Perusahaan Distribusi Fisik
è membantu perusahaan dalam penyimpanan dan
pemindahan produk dari tempat asalnya ke tempat-tempat pengiriman yang dituju.
Perusahaan distribusi fisik terdiri dari :
s Perusahaan
Pergudangan
è menyimpan
dan melindungi barang-barang sebelum dikirim ke tujuan berikutnya
s
Perusahaan Transportasi
è membawa produk (barang) dari satu tempat
ke tempat lain
c.
Para Agen Jasa
Pemasaran
Seperti
: perusahaan atau lembaga penelitian pemasaran, agen periklanan, perusahaan
media dan perusahaan konsultasi pemasaran.
è membantu
perusahaan dalam rangka mengarahkan dan mempromosikan produknya kepasar yang
tepat.
d. Perantara Keuangan
è membantu
dalam segi keuangan dan/atau risiko yang diasuransikan sehubungan dengan
pembelian atau penjualan barang.
2.
Pelanggan
Perusahaan menyediakan produk (barang dan jasa)
kepada pasar sasarannya. Pasar sasaran dapat terdiri dari hanya satu atau lebih
dari lima macam pasar pelanggan berikut :
a.
Pasar Konsumen
adalah : individu-individu dan rumah
tangga yang membeli produk (barang dan jasa) untuk konsumsi pribadi.
b. Pasar
Industri
adalah : organisasi yang membeli
produk dan jas
yang dibutuhkan untuk memproduksi produk-produk dan jasa-jasa
lainnya dengan maksud memperoleh keuntungan dan atau mencapai sasaran lain.
c.
Pasar Penjual Kembali
adalah : organisasi yang membeli produk
dan jasa dengan
maksud menjual kembali barang dan
jasa itu agara memberikan keuntungan bagi mereka.
d.
Pasar Pemerintah
adalah : lembaga-lembaga pemerintah
yang membeli produk
dan jasa agar menghasilkan pelayanan kepada masyarakat
umum, atau mengalihkan barang dan jasa kepada pihak lain yang membutuhkannya.
e. Pasar
Internasional
adalah : pembeli yang
terdapat di luar negeri, termasuk konsumen, produsen, penjual kembali dan
pemerintah asing.
3.
Pesaing
Perlu
diidentifikasi, dimonitor dan dikalahkan untuk memperoleh dan memeprtahankan
kesetiaan pelanggan kepada perusahaan yang bersangkutan.
Cara terbaik
bagi suatu perusahaan untuk menguasai atau memenangkan persaingan adalah : dengan mengambil sudut pandangan
pelanggan
Tipe pesaing dibedakan
:
- pesaing macam-macam keinginan, c. pesaing jenis produk,
- pesaing
jenis-jenis pemuas keinginan, d.
pesaing merk dagang.
Untuk bisa bersaing secara efektif, perusahaan
harus mengindahkan 4 dimensi pokok dalam kedudukan pasarnya, yang dikenal dengan
sebutan 4C, yaitu yang terdiri dari :
- Keadaan Pelanggan (Customers) c. Persaingan (Competition)
- Saluran Distrbusi (Chanels) d. Ciri-cirinya sendiri sebagai sebuah
perusahaan (Company)
4.
Masyarakat Umum
Masyarakat
yaitu :
kelompok yang
mempunyai minat nyata atau yang masih terpendam atau yang memberikan dampak
terhadap kemampuan organisasi untuk mencapai sasaran-sasaranya.
Setiap
perusahaan dikelilingi oleh tujuh macam masyarakat umum, yaitu :
1.
Masyarakat
Keuangan (seperti : bank, lembaga penanaman modal, makelar saham, pemegang
saham)
è Mempengaruhi
kemampuan perusahaan untuk memperoleh dana.
2.
Masyarakat Media (seperti : surat kabar, majalah, radio, TV)
Adalah : organisasi yang menyiarkan berita,
karangan, tajuk rencana
3.
Masyarakat Pemerintah
è Harus
diperhitungkan dalam merumuskan rencana pemasaran
4. Masyarakat Pembela Kepentingan Umum
(seperti : organisasi konsumen, kelompok pelestarian lingkungan, kelompok
minoritas dan kelompok lain)
5. Masyarakat Setempat (seperti : penduduk
yang berdekatan dengan perusahaan dan organisasi masyarakat)
6.
Masyarakat Umum
è Perusahaan perlu memperhatikan sikap
masyarakat umum terhadap kegiatan dan produknya, walaupun masyarakat umum tidak
berbuat sesuatu dalam cara yang terorganisasi terhadap perusahaan, citra
masyarakat terhadap perusahaan akan mempengaruhi dukungan terhadap perusahaan
ybs.
7. Masyarakat dalam perusahaan (seperti :
pekerja di pabrik, pegawai administrasi, manajer, direktur)
No comments:
Post a Comment