Pages - Menu

Sunday, January 12, 2014

LINGKUNGAN MIKRO

Lingkungan Mikro
1.   Perusahaan
Manajemen pemasaran harus bekerjasama dengan kelompok-kelompok lainnya dalam perusahaan untuk merancang dan melaksanakan rencana-rencana pemasarannya.

2.   Pemasok (supplier)
adalah : perusahaan-perusahaan dan individu yang menyediakan sumberdaya yang dibutuhkan oleh perusahaan dan para pesaing untuk memproduksi barang dan jasa tertentu.

1.      Para Perantara Pemasaran (Marketing Intermediaries)
adalah : perusahaan-perusahaan yang membantu perusahaan itu dalam promosi,  penjualan dan distribusi barang-barangnya kepada para pembeli terakhir.

Perantara pemasaran meliputi :
a.       Perantara
adalah :   perusahaan  dagang yang membantu perusahaan untuk menemukan pembeli    dan/atau menutup penjualan dengan mereka.

Perantara terbagi menjadi :
s  Agen Perantara (seperti : agen, pialang dan perwakilan produsen) yang mencari dan menemukan para pelanggan dan/atau melakukan perjanjian dengan pihak lain, tetapi tidak memiliki hak atas barang dagangannya.
s  Pedagang perantara (seperti : pedagang besar, pengecer dan para penjual kembali lainnya) yang membeli suatu produk, memiliki produk-produk tersebut, serta menjualnya kembali sebagai barang dagangan.
Perantara menciptakan :
-          kegunaan dari segi tampat,                       kegunaan dari sudut rupa-rupa,
-          kegunaan dari sudut waktu,                      kegunaan dari sudut memperoleh barang.
-          kegunaan dari sudut kuantitas,

b.      Perusahaan Distribusi Fisik
è membantu perusahaan dalam penyimpanan dan pemindahan produk dari tempat asalnya ke tempat-tempat pengiriman yang dituju.

Perusahaan distribusi fisik terdiri dari :
s    Perusahaan Pergudangan
è  menyimpan dan melindungi barang-barang sebelum dikirim ke tujuan berikutnya

s  Perusahaan Transportasi
è membawa produk (barang) dari satu tempat ke tempat lain

c.       Para Agen Jasa Pemasaran
Seperti : perusahaan atau lembaga penelitian pemasaran, agen periklanan, perusahaan media dan perusahaan konsultasi pemasaran.
è membantu perusahaan dalam rangka mengarahkan dan mempromosikan produknya kepasar yang tepat.

d. Perantara Keuangan
è membantu dalam segi keuangan dan/atau risiko yang diasuransikan sehubungan dengan pembelian atau penjualan barang.

2.      Pelanggan
Perusahaan menyediakan produk (barang dan jasa) kepada pasar sasarannya. Pasar sasaran dapat terdiri dari hanya satu atau lebih dari lima macam pasar pelanggan berikut :
a.       Pasar Konsumen
adalah : individu-individu dan rumah tangga yang membeli produk (barang dan jasa) untuk konsumsi pribadi.
b.      Pasar Industri
adalah : organisasi  yang  membeli  produk   dan  jas  yang  dibutuhkan  untuk memproduksi produk-produk dan jasa-jasa lainnya dengan maksud memperoleh keuntungan dan atau mencapai sasaran lain.
c.       Pasar Penjual Kembali
adalah : organisasi  yang  membeli  produk  dan  jasa  dengan  maksud  menjual kembali barang dan jasa itu agara memberikan keuntungan bagi mereka.
d.      Pasar Pemerintah
adalah :  lembaga-lembaga  pemerintah  yang  membeli   produk   dan   jasa  agar menghasilkan pelayanan kepada masyarakat umum, atau mengalihkan barang dan jasa kepada pihak lain yang membutuhkannya.
e.       Pasar Internasional
adalah : pembeli yang terdapat di luar negeri, termasuk konsumen, produsen, penjual kembali dan pemerintah asing.

3.      Pesaing
Perlu diidentifikasi, dimonitor dan dikalahkan untuk memperoleh dan memeprtahankan kesetiaan pelanggan kepada perusahaan yang bersangkutan.
Cara terbaik bagi suatu perusahaan untuk menguasai atau memenangkan persaingan adalah :  dengan mengambil sudut pandangan pelanggan

Tipe pesaing dibedakan :
  1. pesaing macam-macam keinginan,                  c. pesaing jenis produk,
  2. pesaing jenis-jenis pemuas keinginan, d. pesaing merk dagang.

Untuk bisa bersaing secara efektif, perusahaan harus mengindahkan 4 dimensi pokok dalam kedudukan pasarnya, yang dikenal dengan sebutan 4C, yaitu yang terdiri dari :
  1. Keadaan Pelanggan (Customers)        c. Persaingan (Competition)
  2. Saluran Distrbusi (Chanels)                d. Ciri-cirinya sendiri sebagai sebuah          
                                                                      perusahaan (Company)

4.      Masyarakat Umum
Masyarakat yaitu :
kelompok yang mempunyai minat nyata atau yang masih terpendam atau yang memberikan dampak terhadap kemampuan organisasi untuk mencapai sasaran-sasaranya.

Setiap perusahaan dikelilingi oleh tujuh macam masyarakat umum, yaitu :
1.      Masyarakat Keuangan (seperti : bank, lembaga penanaman modal, makelar saham, pemegang saham)
è  Mempengaruhi kemampuan perusahaan untuk memperoleh dana.
2.      Masyarakat Media (seperti : surat kabar, majalah, radio, TV)
Adalah : organisasi yang menyiarkan berita, karangan, tajuk rencana
3.      Masyarakat Pemerintah
è  Harus diperhitungkan dalam merumuskan rencana pemasaran
4.      Masyarakat Pembela Kepentingan Umum (seperti : organisasi konsumen, kelompok pelestarian lingkungan, kelompok minoritas dan kelompok lain)
5.      Masyarakat Setempat (seperti : penduduk yang berdekatan dengan perusahaan dan organisasi masyarakat)
6.      Masyarakat Umum
è  Perusahaan perlu memperhatikan sikap masyarakat umum terhadap kegiatan dan produknya, walaupun masyarakat umum tidak berbuat sesuatu dalam cara yang terorganisasi terhadap perusahaan, citra masyarakat terhadap perusahaan akan mempengaruhi dukungan terhadap perusahaan ybs.

7.      Masyarakat dalam perusahaan (seperti : pekerja di pabrik, pegawai administrasi, manajer, direktur)

No comments:

Post a Comment