News Update :
Home » » Pembangunan Daerah dan Pemberdayaan Masyarakat

Pembangunan Daerah dan Pemberdayaan Masyarakat

Penulis : kumpulan karya tulis ilmiah on Sunday, January 12, 2014 | 9:16 AM

Pembangunan Daerah dan Pemberdayaan Masyarakat : Pembangunan daerah Jawa Timur merupakan bagian integral dari pembangunan nasional secara keseluruhan dalam rangka mewujudkan masyarakat Jawa Timur yang damai, demokratis, berkeadilan, berdaya saing, maju dan sejahtera dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Pengembangan perekonomian Jawa Timur seyogyanya didasarkan pada keunggulan komparatif wilayah menuju keunggulan kompetitif, terutama sektor maritim dan agraris, sesuai dengan kompetensi dan produk unggulan daerah terutama pada kegiatan agrokompleks, industri dan kerajinan rakyat. 

Selain itu juga perlu suatu upaya untuk mempercepat pembangunan ekonomi daerah secara efektif dengan memberdayakan pelaku dan potensi ekonomi daerah. 

Aspirasi masyarakat mengisyaratkan perlunya mempercepat pembangunan SDA-LH wilayah dalam kerangka pemberdayaan masyarakat, terutama petani, nelayan, dan penduduk miskin, melalui penyediaan prasarana, pembangunan sistem agribisnis-agroindustri, industri kecil dan kerajinan rakyat, pengembangan kelembagaan, penguasaan teknologi, dan pemanfaatan keunggulan sumberdaya alam dan lingkungan hidup secara lestari.

Beberapa kegiatan prioritas adalah:
  • Penyusunan langkah-langkah strategis dalam mewujudkan good environmental governance di Jawa Timur.
  • Aktualisasi kaidah-kaidah Otonomi Daerah ke dalam pengembangan SDA-LH-TEK di Jawa Timur.
  • Pemberdayaan Masyarakat dalam pengelolaan SDA-LH (community base resources management). 
  • Aktualisasi keunggulan komparatif SDA dalam Pembangunan daerah dan penguatan Ekonomi rakyat.
Share this article :

Post a Comment

 
Design Template by panjz-online | Support by creating website | Powered by Blogger