Pages - Menu

Sunday, January 12, 2014

PENATAAN RUANG, PERUMAHAN DAN PERMUKIMAN

PENATAAN RUANG, PERUMAHAN DAN PERMUKIMAN : Hal yang lebih penting dalam Pengembangan Permukiman, selain pengadaan rumah untuk tempat tinggal, adalah untuk menciptakan iklim kehidupan yang sehat, secara lingkungan, ekonomi, sosio-budaya, dan politik, yang menjamin berlanjutnya kualitas kehidupan bagi semua orang, di mana semua orang dapat hidup secara lebih sejahtera, mempunyai akses terhadap prasarana dasar dan pelayanan permukiman yang sesuai dan layak, dan mampu memelihara kualitas lingkungan hidupnya. 

Untuk dapat mencapai tujuan tersebut maka perlu: (1) terjadi pergeseran pandangan dari konsep pembangunan perumahan ke konsep pembangunan permukiman yang menekankan pada keterpaduan sosial, fungsional, dan ekologis; (2) menciptakan iklim yang kondusif agar masyarakat pemukim dapat mampu membangun dan memelihara tempat huniannya dalam rangka peningkatan kesejahteraan mereka.

Beberapa kegiatan prioritas sebagai berikut.
A. Pembangunan Perumahan dan Permukiman
B. Pengelolaan Perumahan dan Permukiman

OPTIMALISASI PENATAGUNAAN LAHAN : Meningkatnya kebutuhan akan sumberdaya lahan untuk menunjang pembangunan telah meningkatkan tekanan terhadap pemanfaatan sumberdaya lahan di Jawa Timur. Selain itu, pengembangan sumberdaya lahan juga menghadapi timbulnya konflik kepentingan berbagai sektor yang pada akhirnya masalah ekonomi menjadi kontra produktif satu dengan lainnya. Keadaan ini diperburuk lagi dengan sistem peraturan yang dirasakan sangat kompleks dan seringkali tidak relevan lagi dengan tingkat kesesuaian dan kondisi sosial ekonomi masyarakat. Keadaan ini, dapat menyebabkan sistem pengelolaan sumberdaya lahan yang tidak berkelanjutan.

Beberapa kegiatan prioritas sebagai berikut:
A. Kajian sistem Perencanaan dan Pengembangan Sumberdaya Lahan dan Tata Ruang.
B. Kajian penataan dan pengembangan sistem Peraturan Daerah Pertanahan.
C. Kajian Penataan Model Kelembagaan Pertanahan yang mampu menggalang partisipasi masyarakat.
D. Pengembangan Sistem lnformasi dan basis data sumberdaya lahan yang dapat diakses oleh masyarakat.

No comments:

Post a Comment