Pages - Menu

Sunday, January 12, 2014

Pengembangan Pariwisata Alam

Pengembangan Pariwisata Alam (community base ecotourism) : Perkembangan industri pariwisata terkait dengan perkembangan sektor ekonomi lainnya, baik secara makro maupun mikro. Terjadinya krisis yang diikuti dengan rawannya kondisi keamanaan di Jawa Timur berdampak negatif terhadap dunia pariwisata. Hal ini ditandai dengan menurunnya jumlah wisatawan yang berkunjung ke Jawa Timur. 

Beberapa kendala yang dihadapi adalah (1) potensi sumberdaya pariwisata belum dapat dimanfaatkan secara optimal, pengemasan obyek dan daya tarik wisata menjadi Paket Wisata masih sangat terbatas, (2) keterbatasan informasi pariwisata dan lemahnya pemutakhiran data pariwisata, (3) keterbatasan SDM yang profesional dalam menangani pengembangan wisata daerah, dan (4) investasi usaha pariwisata masih berorientasi pada kawasan lokal dengan tingkat konsentrasi yang tinggi.

Pengembangan industri pariwisata diarahkan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat Jawa Timur tentang makna industri jasa pariwisata yang dapat meningkatkan pendapatan masyarakat, perluasan lapangan kerja, dan membuka komunikasi antar masyarakat, bangsa dan budaya.

Beberapa kegiatan prioritas adalah:
A. Kajian model Pengembangan Sistem Informasi Wisata alam berbasis masyarakat 
B. Kajian Pengembangan Produk Pariwisata: Objek dan Daya Tarik Wisata Alam Terpadu. 
C. Kajian Pengemasan dan Pemasaran Paket Wisata Alam Unggulan Jawa Timur.
D. Kajian strategi Pelestarian dan Pengembangan Kebudayaan dan Kesenian Daerah.

No comments:

Post a Comment