Pages - Menu

Sunday, January 12, 2014

PENGEMBANGAN BIOTEKNOLOGI RAMAH LINGKUNGAN

PENGEMBANGAN BIOTEKNOLOGI RAMAH LINGKUNGAN
Dalam memecahkan masalah pengelolaan lahan dan peningkatan produksi pertanian, peternakan, perikanan, kesehatan dan lingkungan memerlukan pendekatan bioteknologi yang ramah lingkungan yang memenuhi keamanan hayati dan pangan, karena bioteknologi disamping memiliki keunggulan juga dampak negatif pemanfaatannya yang tidak mudah diprediksi. Untuk mengantisipasi hal tersebut diperlukan pengendalian dan pengawasan melalui pengkajian resiko yang didasarkan pada pedoman atau protokol keamanan hayati, peraturan dan kelembagaan pengawasan untuk kegiatan pengembangan bioteknologi yang ramah lingkungan.

Produk bioteknologi (mikroba, tanaman maupun hewan) sebelum disebarluaskan secara komersial perlu dilakukan evaluasi dan analisis resikonya dengan memperhatikan aspek kesehatan manusia, keselarasan lingkungan, kaidah agama, etika, sosial-ekonomi dan estetika. Hal INI disebabkan oleh karena produk-produk tersebut dikhawatirkan dapat bersifat gulma dan memiliki daya kompetisi yang tinggi sehingga dapat menghancurkan keanekaragaman hayati dan dapat memunahkan organisme aslinya.

Untuk mengatasi permasalahan tersebut, maka diperlukan strategi pengelolaan produk bioteknologi dengan sistem pengamanan pembudidayaan produk bioteknologi terhadap produk asli, monitoring intensif, memperkuat kelembagaan pengawasan produk bioteknologi, pengembangan prasarana dan sarana teknis maupun sosial, memperkuat pengertian masyarakat pengguna terhadap dampak negatif bioteknologi dan penetapan persyaratan keamanan yang diinformasikan secara terbuka (labeling) untuk setiap produk bioteknologi pangan.

Beberapa Prioritas kegiatan pengembangan bioteknologi ramah lingkungan sebagai berikut :
A. Pengembangan Model sistem Pendidikan, Pelatihan dan Penelitian Bioteknologi.
B. Pengembangan Informasi, Pengawasan dan Protokol Keamanan Hayati di Daerah.
C. Studi Aktualisasi dan implementasi Bioteknologi Pertanian.
D. Studi Aktualisasi dan implementasi Bioteknologi Peternakan/perikanan.
E. Studi Aktualisasi dan implementasi Bioteknologi Lingkungan.i.

No comments:

Post a Comment