Keunggulan dan Kelemahan pendekatan Open Ended
a. Keunggulan Pendekatan Open Ended
Pendekatan Open Ended memiliki beberapa keunggulan antara lain (Suherman, dkk, 2003):
- Siswa berpartisipasi lebih aktif dalam pembelajaran dan sering mengekspresikan idenya.
- Siswa memliki kesempatan lebih banyak dalam emanfaatkan pengetahuan dan keterampilan matematika secara komprehensif.
- Siswa dengan kemampuan matematiak rendah dapat erespon permasalahan dengan cara mereka sendiri.
- Siswa secara intrinsik termotivasi untuk memberikan bukti atau penjelasan.
- Siswa memiliki pengalaman banyak untuk menemukan sesuatu dalam menjawab permasalahan.
b.Kelemahan Pendekatan Open Ended
Di samping keunggulan, terdapat pula kelemahan dari pendekatan Open Ended , diantaranya (Suherman, dkk, 2003):
- Membuat dan menyiapkan masalah matematika yang bermakna bagi siswa bukanlah pekerjaan mudah.
- Mengemukakan masalah yang langsung dapat dipahami siswa sangat sulit sehingga banyak siswa yang mengalami kesulitan bagaimaan merespon permasalahan yang diberikan.
- Siswa dengan kemampuan tinggi bisa merasa ragu atau mencemaskan jawaban mereka. Munngkin ada sebagian siswa yang merasa bahwa kegiatan belajar mereka tidak menyenangkan karena kesulitan yang mereka hadapi.
Daftar Pustaka
Arikunto, S, dkk. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Bahri, Syaiful, Aswan Zain. 2006. Strategi Belajar Mengajar (edisi revisi). Jakarta:
Rineka Cipta.
Bahan Seminar Pembelajaran Matematika dengan
Pendekatan Open Ended oleh Yaya S. Kusumah FPMIPA-Universitas Pendidikan
Indonesia, Bandung.
Hamzah, H. 2007. Profesi
Kependidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Post a Comment