Fungsi Manajemen : Menurut GR TERY :
1. Planing (perencanaan)
2. Organizing (pengorganisasian)
3. Actuating (pengarahan)
4. Controling (pengawasan)
1. Planning (perencanaan)
Perencanaan merupakan langkah awal daripada fungsi manajemen yang lain, kerja. Secara garis besar perencanaan menggambarkan tentang : apa, bagaimana, mengapa dan kapan akan dilakukan. Perencanan mempunyai bentuk-bentuk :
· Sasaran
Dalam kurun waktu tertentu perusahaan tentu mempunyai suatu sasaran atau tujuan yang hendak dicapai
· Kebijakan
Hal ini merupakan petunjuk umum bagi perusahaan
· Strategi
Strategi merupakan program yang luas untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan yaitu bagaimana perusahaan akan melaksanakan misinya
· Prosedur
Merupakan rangkaian tindakan yang akan dijalankan untuk mempermudah pelaksanaan kegiatan perusahaan
· Aturan
Merupakan bagian dari prosedur dan merupakan tindakan yang spesifik, beberapa aturan sejenis dapat dikelompokkan menjadi suatu produsen
· Program
Merupakan kombinasi antara kebijakan, prosedur, aturan dan pemberian tugas yang disertai dengan anggaran atau budget
Manfaat Perencanaan
- Dapat memberikan arah dan arti tujuan bagi perusahaan
- Dapat ditentukan suatu pedoman sebagai standar / ukuran untuk mengurangi ketidakpastian serta perubahana dimasa mendatang
- Dengan perencanaan dapat diukur berhasil tidaknya suatu pekerjaan sehingga akan mempermudah pengawasan
- Membantu memperkirakan peluang dimasa mendatang.
- Dengan perencanaan akan dapat diminimumkan resiko-resiko dan memperkirakan peluang yang dapat dijangkau
- Dengan perencanaan akan timbul efisiensi sehingga pengeluaran biaya dapat ditekan
2. Pengorganiasian
Fungsi pengorganisasian dapat dikatakan sebagai proses penciptaan hubungan antara berbagai fungsi personalia dan faktor-faktor fisik agar semua pekerjaan yang dilakukan dapat bermanfaat serta terarah pada satu tujuan dan menciptakan struktur formal dimana pekerjaan ditetapkan dibagi dan dikoordinasikan.
Pengorganisasian meliputi :
- Penentuan sumber daya dan kegiatan-kegiatan yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan organisasi
- Perancangan dan pengembangan suatu organisasi atau kelompok kerja yang akan dapat membawa hal-hal tersebut ke arah tujuan
- Penugasan tanggung jawab tertentu dan kemudian
- Pendelegasian wewenang yang diperlukan kepada individu untuk melaksanakan tugas-tugasnya
3. Pengarahan
Adalah tindakan untuk mengusahakan agar semua anggota organisasi melakukan kegiatan yang sudah ditentukan ke arah tercapainya tujuan. Pengarahan lebih banyak menyangkut masalah pemberian motivasi kepada para anggota organisasi, kepemimpinan serta pengembangan komunikasi
4. Pengendalian
Pengendalian merupakan aktivitas untuk menemukan, mengoreksi adanya penyimpangan-penyimpangan dari hasil yang telah dicapai dibandingkan dengan rencana kerja yang telah ditetapkan
Fungsi pengawasan pada dasarnya mencakup empat unsur, yaitu :
· Penetapan standar perusahaan
· Penentuan ukuran-ukuran pelaksanaan
· Pengukuran pelaksanaan nyata dan membandingkannya dengan standar yang telah ditetapkan
· Pengambilan tindakan koreksi yang diperlukan bila pelaksanaan menyimpang dari standar
Post a Comment