News Update :
Home » » Pengertian Interaksi

Pengertian Interaksi

Penulis : kumpulan karya tulis ilmiah on Friday, October 11, 2013 | 3:23 AM

Pengertian Interaksi 
Dalam kamus politik interaksi dimaknai sebagai bentuk pengaruh-mempengaruhi, hubungan antara suatu sistem dengan sistem lainnya. Menurut Blumer, interaksi adalah proses dimana kemampuan berpikir dikembangkan dan diperlihatkan. Semua jenis interaksi tak hanya selama sosialisasi, dan memperbesar kemampuan kita untuk berpikir, lebih dari itu, pemikiran membentuk proses interaksi. Dalam kebanyakan interaksi, aktor harus memperhatikan orang lain dan menentukan kapan dan bagaimana cara menyesuaikan aktivitasnya terhadap orang lain. Lebih jauh Blumer mengatakan dalam berinteraksi tidak selamanya melibatkan pemikiran. Blumer membedakan ( mengikuti Med ) dua bentuk interaksi yang relevan dikemukakan, yakni : (1) interaksi nonsimbolik, yaitu percakapan atau gerak isyarat ( menurut Med ) tidak melibatkan pemikiran, dan (2) interaksi simbolik, memerlukan proses mental.

Dalam perspektif teori interaksi sosial, dikatakan proses interaksi yang paling efektif adalah interaksi yang dilakukan dengan tatap muka. Dengan tatap muka ekspresi bahasa dan tingkah laku dapat terlihat secara utuh, yang kemudian dapat memberikan pemahaman dalam berinteraksi. Dalam situasi tatap muka subjektifitas orang lain akan muncul dan terbuka. Artinya orang lain akan dengan bebas memaknai dan menafsirkan setiap bahasa yang muncul yang wujudnya lisan maupun dalam bentuk sikap dan tingkah laku. Dalam situasi tatap muka orang lain adalah nyata sepenuhnya. Kenyataan ini merupakan bagian kenyataan hidup sehari-hari. Dalam tatap muka dapat dipahami tipikasi orang dan tipikasi ini secara terus menerus mempengaruhi jalannya interaksi. Skema-skema tipikasi yang muncul dalam tatap muka bertimbal balik. Dalam interaksi terbuka untuk saling membentuk tipikasi ( campur tangan ). Dengan kata lain, skema-skema tipikasi dapat bernegoisasi terus menerus dalam situasi tatap muka. 

Lihat B.N. Marbun, Kamus Politik, Edisi Baru, Penerbit Pustaka Sinar Harapan, Cet. Kedua, Jakarta, 2003, hal 231. Bandingkan juga pengertian interaksi tersebut dalam kamus ”The Little Oxford Dictionary” yang mengatakan bahwa “Interaction is act on each other”. Lihat Julia Swannell (Edited), The Little Ozford Dictionary, F.A. Thorpe Publishing Ltd, Anstly Britain, 1989, hal 281. 
Share this article :

Post a Comment

 
Design Template by panjz-online | Support by creating website | Powered by Blogger