Pages - Menu

Sunday, January 12, 2014

PENGELOLAAN SAMPAH, LIMBAH PADAT DAN CAIR

PENGELOLAAN SAMPAH, LIMBAH PADAT DAN CAIR : Pertumbuhan penduduk dan industri yang sangat pesat berpotensi menjadi penyebab terakumulasinya limbah padat dan cair di lingkungan. Limbah padat maupun cair yang belum dikelola dengan baik menyebabkan kualitas lingkungan perairan sungai atau sumber air serta udara menurun. Di Jawa Timur fenomena tersebut telah terjadi dan sangat merugikan kesehatan lingkungan. Misalnya sampah, limbah padat dan cair dari rumah tangga maupun pabrik dibuang ke sungai, maka akan menurunkan kualitasa air sungai. Sampah rumah tangga yang belum ditangani dengan baik, sering dibakar akan menghasilkan gas CO yang berbahaya bagi lingkungan manusia. 

Aktivitas penduduk dan industri sehari-hari akan menghasilkan limbah padat maupun cair. Aktivitas penduduk dan industri sangat diperlukan dalam proses pembangunan. Misalnya pabrik gula untuk memenuhi kebutuhan gula nasional dan kesempatan kerja. Aktivitas rumah tangga senantiasa diperlukan meskipun juga menghasilkan limbah. Namun masyarakat membutuhkan keberadaan bahan-bahan tersebut tidak mencemari lingkungan perairan maupun udara yang dapat mengganggu kesehatan manusia.

Belum adanya sarana dan prasarana yang memadai dalam penanganan, pembuangan limbah padat dan cair dari aktivitas domistik dan industri, karena terbatasnya dana dan jumlah SDM dalam mengelola bahan-behan tersebut. Meskipun sudah ada sarana dan prasarana tersebut di atas, masyarakat masih cenderung untuk melanggar peraturan yang ada karena komitmen moral yang kurang peduli terhadap kebersihan lingkungan dan lemahnya sistem dalam pranata hukum yang ada.

Beberapa strategi pendekatan untuk mencapai tujuan adalah: (1) Meningkatkan kualitas SDM, terutama kemampuen teknologi dalam mengelola limbah padat dan cair, (2) Meningkatkan kerjasama dengan LSM yang berkecimpung dalam bidang pengelolaan limbah padat dan cair untuk peduli terhadap lingkungan, (3) Meminimkan limbah di lingkungan dan mencoba mengembangkan limbah yang ada untuk didaur ulang sehingga lebih bermanfaat dan menurunkan pencemaran lingkungan 

Program prioritas meliputi : 
1. Kajian strategi dan langkah-langkah untuk Minimisasi Limbah dan sampah
2. Maksimasi Teknologi Daur Ulang dan Pengomposan Limbah dan sampah yang Ramah Lingkungan 
3. Pemberdayaan masyarakat dalam usaha pegelolaan sampah. 
4. Promosi Pembuangan Dan Pengelolaan Limbah Yang Akrab Lingkungan .

No comments:

Post a Comment