Pages - Menu

Saturday, November 7, 2015

Pengertian Kesenian

Kesenian merupakan bagian atau unsur dari kebudayaan . Kata seni telah lama dikenal di Indonesia sebagai kata sifat, Seni sebagai istilah untuk menamai kegiatan manusia, menurut Sudarmaji (1979:5) merupakan pengembangan dari kata seni yang mempunyai arti halus dan kecil, karena karya seni pada umumnya karya seni adalah karya yang halus seperti karya seni ukir kayu, tatahan wayang kulit, dan seni batik yang dikerjakan dengan penuh kerapian dan ketelitihan.
 
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia edisi ketiga (2003 : 1037) Seni adalah:
  1. Keahlian membuat karya yang bermutu, (dilihat dari segi kehalus annya, keindahannya, dsb)
  2. Karya yang diciptakan dengan keahlian yang luar biasa, seperti Tari, lukisan, ukiran. Seniman tari sering juga menciptakan susatra yang indah. 
Kutipan dalam R.M Wisnoe wardana (1990:7-8) Plato, seorang Yunani kuno, mengatakan bahwa seni bukanlah imitasi sesuatu yang tampak, melainkan kembali ke prinsip-prinsip yang alami. Keindahan alam adalah imajinasi yang paling jelas dari kenyataan ideal. (Wisnoe wardana, 1979).

Sedangkan kesenian menurut R.M. Wisnoe Wardana (1990 : 6-7) adalah : buah budi manusia dalam menyatakan nilai – nilai, keindahan dan keluhuran lewat pelbagai media sebagai berikut :
  • Seni gerak lewat media gerak dan sikap seperti : seni tari, seni beladiri, senam estetik, senam irama modern, akrobatik, dan pantomime.
  • Seni suara lewat nada dan suara
  • Seni bangunan lewat ruang dan substansinya.
  • Seni rupa lewat garis dan warna.
  • Seni sastra lewat pengertian kata.
Menurut Arnold Houser dalam Endang Caturwati (2007 : 37) seni tumbuh dan berkembang lebih banyak merupakan hasil ekspresi dan kreativitas masyarakat pemiliknya. Masyarakat dan seni merupakan kesatuan yang satu sama lain saling terikat dan berkaitan. Oleh karenanya hadirnya sebuah kelas atau golongan tertentuakan menghadirkan gaya seni yang tertentu pula sesuai dengan bentuk masyarakat yang ada pada saat itu. 
Dari uraian di atas dapat dikatakan bahwa kesenian adalah karya manusia yang diciptakan dengan perasaan yang sangat halus dengan keahlian luar biasa dengan nilai-nilai keindahan lewat berbagai media seperti: seni gerak,seni suara, seni bangunan, seni rupa, seni sastra dan lainlainnya.

No comments:

Post a Comment