News Update :
Home » , , , , , , » Pengertian Global Positioning System (GPS)

Pengertian Global Positioning System (GPS)

Penulis : kumpulan karya tulis ilmiah on Thursday, August 23, 2018 | 4:08 AM



Global Positioning System (GPS) adalah sistem navigasi berbasis satelit-ruang yang memberikan informasi lokasi dan waktu di semua kondisi cuaca, dimana saja pada saat jauh dari bumi ataupun dekat dengan bumi. GPS adalah sistem yang kompleks yang menggabungkan tiga segmen yaitu segmen-ruang, segmen-kontrol dan segmen-pengguna. Kombinasi dari ketiga segmen yang menjadi tujuan utama untuk menciptakan sistem fungsional berdasarkan navigasi (Lestari, Uning & Samuel Kristiyana, 2013).

GPS menggunakan konstelasi satelit, dimana masing-masing satelit mentransmisikan sinyal dalam kisaran yang meliputi navigasi pesan dan berisikan informasi yang diperlukan untuk menentukan koordinat satelit dan membawa jam satelit sesuai dengan waktu GPS. Pelacakan satelit GPS menggunakan kontrol operasi dan menentukan lokasi mereka di ruang angkasa, dilakukan oleh Operational Control Segment (OCS). OCS berguna untuk pemantauan satelit GPS, mengunggah data navigasi untuk setiap satelit dan memberikan pesanan untuk perubahan besar dalam hal kegagalan satelit (Hanifah, Iftitahatul & Bambang Nurcahyo Prastowo, 2016).

GPS akan mempengaruhi keakurasian dari data posisi yang diperoleh. Akurasi adalah seberapa dekat nilai hasil pengukuran dengan nilai sebenarnya (true value) atau nilai yang dianggap benar (accepted value).

Google Maps
Google Maps merupakan layanan pemetaan berbasis web untuk menunjukkan jalan-jalan diseluruh dunia sehingga dapat digunakan untuk melihat rute suatu jalan dilokasi manapun.

Google Maps merupakan suatu peta yang ditampilkan secara digital sehingga dapat dilihat di website (Lestari, Uning & Samuel Kristiyana, 2013).

Google Maps menyediakan
Application Programming Interfcace (API) yang merupakan suatu aplikasi antarmuka yang dapat diakses lewat javascript dan php agar Google Maps dapat ditampilkan pada halaman web yang sedang dibangun. Dengan menggunakan Google Maps API para pengembang perangkat lunak dapat menghemat waktu dan biaya untuk membangun aplikasi peta digital yang handal, mengambil data lokasi peta dalam bentuk koordinat latitude, longitude, alamat, kota dan lain-lain.

Location Based Service(LBS)
Sistem layanan berbasis lokasi atau lebih dikenal dengan Location Based Service (LBS) adalah suatu layanan yang dapat mengirimkan data dan informasi yang berisi data lokasi
terkini keberadaan pengguna atau informasi yang memproyeksikan beberapa lokasi dari smartphone pengguna.

LBS diterapkan sebagai satu bagian arsitektur yang terdiri dari lima komponen yaitu perangkat smartphone, jaringan komunikasi, komponen GPS, layanan provider GPS dan layanan network provider. Perangkat smartphone adalah alat yang digunakan untuk mengakses layanan LBS, mengirimkan permintaan dan hasil yang benar.

Perangkat tersebut dapat sebagai Personal Navigation Device (PND), Personal Digital Asisstant (PDA), komputer portable, telepon seluler dan lain-lain (Kushwaha, et al. 2011).
Antarmuka pengguna untuk mengakses ke layanan LBS adalah aplikasi.
Aplikasi tertentu dikembangkan untuk layanan LBS tertentu. Karena kendala dari perangkat
Smartphone seperti ukuran layar kecil, prosesor daya dan memori yang terbatas, kapasitas baterai, aplikasi LBS harus ringan dan menghemat baterai.
Share this article :

Post a Comment

 
Design Template by panjz-online | Support by creating website | Powered by Blogger