News Update :
Home » » Arti Penting Wawancara

Arti Penting Wawancara

Penulis : kumpulan karya tulis ilmiah on Tuesday, October 8, 2013 | 6:49 AM

Arti Penting Wawancara 
Wawancara merupakan salah satu cara yang teramat penting bagi suatu perusahaan untuk menyaring pelamar yang ada. Bisa jadi karena banyaknya pelamar dan ketatnya seleksi dari perusahaan untuk dapat menempati sebuah posisi dalam perusahaan tersebut dapat dilakukan wawancara lebih dari satu kali. 

Untuk itu, persiapan menghadapi wawancara juga termasuk hal yang penting sehingga kesan yang baik akan menimbulkan keyakinan pewawancara kepada kemampuan kita. 

Aspek-aspek kepribadian juga merupakan hal yang penting untuk kita siapkan seperti : 
· Penampilan secara fisik 
· Gerak-gerik dan sopan santun 
· Nada suara (tone voice) 
· Inisiatif 
· Rasa percaya diri 
· Kebijaksanaan 
· Tanggap dan kerja sama 
· Ekspresi wajah 
· Kemampuan berkomunikasi 
· Sikap terhadap pekerjaan 
· Selera humor 

Pada intinya wawancara dilakukan berkaitan dengan surat lamaran kerja dan resume yang kita bikin. Tapi perlu untuk kita ketahui pekerjaan dan perusahaan yang kita masuki itu seperti apa. Bukan karena sekadar kerja kita tidak tahu pekerjaan yang akan kita masuki lebih parah lagi kita tidak pernah tahu perusahaan itu ada dimana, kapan berdirinya, siap pemiliknya atau hal-hal lain yang terkait. 

Terakhir terkait dengan surat wawancara adalah ucapan terima kasih setelah wawancara dilakukan. Bahkan kalau perlu dengan membuat ucapan terima aksih secara tertulis (thank you letters) kepada perusahaan atau pewanwancara meskipun kecil kemungkinan kita diterima. Ini perlu dilakukan sebagai bentuk penunjukkan penghargaan kita, atas waktu yang telah disediakan buat kita. 

Untuk materi lain yang terkait dengan Komunikasi Bisnis perlu dipelajari materi tentang kepmimpinan, menyimak dalam dunia bisnis, manajemen kelompok, kemampuan presentase kerja dan tidak lupa kemampuan menggunakan media komunikasi yang semakin canggih.
Share this article :

Post a Comment

 
Design Template by panjz-online | Support by creating website | Powered by Blogger