News Update :
Home » » Pengertian Resume

Pengertian Resume

Penulis : kumpulan karya tulis ilmiah on Tuesday, October 8, 2013 | 6:42 AM

Resume 
Resume atau daftar riwayat hidup memang bukanlah suatu hal baru tapi seringkali kita mendapati penulisan resume yang sekadarnya atau asal-asalan. Jadi untuk bukti tapi tidak menarik minat yang membacanya. Padahal KC Bay menjelaskan resume pada intinya adalah sangat penting karena dengan resume sebenarnya merupakan presentase penjualan diri kita. Dalam resume menag tercakup semua fakta yang relevan dengan kita seperti latar belakang, kualifikasi, dan pengalaman kerja atau organisasi yang disusun dalam suatu format yang teratur, mudah dipahami, dan menarik minat dan perhatian para pembacanya. 

Secar umum resume adalah suatu daftar dokumen yang berisi kualifikasi dan jalur karir seseorang, yang disusun secara rapi, teratur dan menarik perhatian pembacanya. Melalui resume diharapkan pimpinan suatu organisasi/perusahaan dapat mengetahui kemampuan kita, walaupun belum pernah bertemu dengan kita. Karena itu penulisan resume harus diperhatikan dengan betul dan dibuat semenarik mungkin. Ada tiga tahapan mempersiapkan resume yang baik : 
  1. Pencarian informasi penting : berupa analisis diri (sef analysis); berisi kelebihan dan kelemahan kita, analisis karir (career analysis) ; berisi analisis terhadap karir yang ingin kita pilih, dan analisis pekerjaan (job analysis); berisi analisis terhadap faktor-faktor yang berkaitan dengan pekerjaan. 
  2. Perencanaan Resume : resume merupakan sarana untuk mengarahkan wawancara sesuai dengan resume yang kita buat untuk itu informasi tentang tujuan karir, informasi pribadi dan referensi orang yang dapat dikenal dan dihubungi merupakan hal yang sangat penting. 
  3. Pembuatan Resume : secara umum ada yang mengklasifikasikan resume dengan beberapa jenis tapi dari semuanya harus tercakup nama, alamat lengkap, tujuan kerja, kualifikasi, informasi pribadi (seperti pendidikan tertinggi, skills, hobi, penghargaan, keanggotaan sosial) dan referensi tokoh yang mengenal kita dengan baik. 
Resume yang baik memenuhi empat hal seperti neatness (kerapian), simplicity (kesederhanaan), accuracy (keakuratan) dan honestly (kejujuran). 

Penulisan Surat lamaran Kerja 
Dalam menulis surat lamaran kerja kita menceritakan kemampuan-kemampuan yang sesuai atau cocok dengan posisi yang ditawarkan atau dibutuhkan oleh perusahaan, apa yang dapat kita kerjakan. Untuk itu, poin-poin penting yang relevan dengan persyaratan pekerjaan tertentu harus dikemukakan. 

Secara umum ada tiga paragraf yang biasanya digunakan dalam menulis surat lamaran kerja yaitu : 
Paragraf pembuka dengan inti mengemukakan maksud lamaran kerja yang kita buat. 
Paragraf pertengahan berintikan kualifikasi kita yang sesuai dengan pekerjaan yang ada. Usahakan penjelsan di paragraf ini benar-benar sangat diminati (interest) dan sangat diharapkan (desire). Perlu diduskusikan kualifikasi kita tentang pendidikan, pengalaman, sikap, minat, aktifitas dan kualitas kita, dari sudut pandang pembaca. 

Paragraf penutup umumnya berisi harapan tindakan sebagaimana yang terdapat pada surat-surat penjualan. Kita dengan jelas menytakan keinginan untuk melakukan wawancara sesuai waktu yang telah disediakan oleh organisasi perusahaan atau lembaga yang kita lamar. Untuk mempermudah pihak perusahaan menghubungi kita perlu kita sampaikan alamat, nomer telpon atau facimile, e-mail secara jelas dan lengkap. 

Penting untuk kita ketahui hal-hal yang perlu diperhatikan seperti : 
a. Kualifikasi atau pengalaman kerja sesuai dengan posisi pekerjaan 
b. Tonjolkan hal-hal yang posistif 
c. Tekankan perbedaan dengan pelamar lain 
d. Jangan melamar di luar kemampuan 
e. Tidak hasil fotocopy 
f. Jangan menggunakan kata-kata bombastis dan memelas kasihan orang 
g. Jangan memberi komentar langsung atas karakter kita.
Share this article :

Post a Comment

 
Design Template by panjz-online | Support by creating website | Powered by Blogger