News Update :
Home » » PENGAMBILAN KEPUTUSAN DALAM PEMASARAN

PENGAMBILAN KEPUTUSAN DALAM PEMASARAN

Penulis : kumpulan karya tulis ilmiah on Sunday, October 6, 2013 | 3:00 AM

PENGAMBILAN KEPUTUSAN DALAM PEMASARAN 
Pengambilan keputusan yang dilakukan oleh manajer pemasaran akan selalu berada dalam suatu lingkungan yang kompleks dan penuh dengan ketidak pastian. Keputusn yang diambil terutama menyangkut masalah : 
· Penetapan harga 
· Produk 
· Distribusi 
· Promosi 

Pengambilan keputusan tersebut tidak terlepas dari pengaruh faktor-faktor lingkungan ekstern seperti : demografi, kondisi perekonomian, kebudayaan, persaingan dan sebagainya. Semua ini berada diluar pengawasan manajer. 

2.1. Analisa Tradisional 
Keputusan-keputusan yang rasional menghendaki adanya proses keputusan yang selaras dan logis. Metode analisa tradisional dapat membantu sebagai pendekatannya. Metode analisa tradisional terdiri atas lima tahap, yaitu : 

1. Mendefinisikan masalah 
Manajer yang baik harus mempunyai kemampuan untuk mengidentifikasikan masalah dan kesempatan lebih awal. Agar analisa yang dilakukan dapat lebih efektif maka manajer harus memiliki arah yang benar. 

2. Merumuskan berbagai alternatif 
Manajer harus menentukan berbagai alternatif penyelesaian terhadap masalah yang dihadapi. Salah satu alternatif yang hampir selalu ada yaitu tidak melakukan apa-apa. Ini merupakan alternatif yang sulit diukur atau dibandingkan dengan alternatif lainnya. 

3. Menganalisa Alternatif 
Faktor-faktor yang diperlukan unuk menilai alternatif harus dikumpulkan dan diatur rapi. Beberapa faktor mungkin tidak dapat diperoleh dan faktor lainnya mungkin akan tidak berguna karena terlalu mahal. Dengan suatu analisa manajer diarahkan untuk mengambil kesimpulan yang disertai dengan pernyataan untuk menentukan kebaikan maupun keburukannya. 

4. Mengusulkan suatu penyelesaian 
Setelah melampaui tahapan tadi maka manajer dapat menyarankan suatu penyelesaian yang logis. 

5. Menyarankan rencana tindakan 
Pada waktu mengambil keputusan, suatu rencana tindakan untuk melaksanakan keputusan tersebut harus ditentukan. Rencana tindakan ini mungkin dapat menemukan beberapa faktor penting yang belum dimasukkan didalam analisa. 

2.2. Menggunakan Marketing Mix untuk Pengambilan Keputusan 
Pengambilan keputusan di bidang pemasaran selalu berkaitan dengan varibel-variabel marketing mix. 
  • Pengenalan faktor pasar dalam marketing mix 
  • Tekanan utama dari marketing mix adalah pasar karena pada akhirnya produk yang ditawarkan oleh perusahaan diarahkan kesana. 
  • Hubungan antara keputusan tentang harga, promosi dan distribusi dengan variabel-variabel tentang produk 
  • Produk tersebut membawa pengaruh penting terhadap keputusan-keputusan mengenai harga, promosi dan distribusi, karena terikat pada harga produksi, peralatan dan proses pembuatannya, juga dalam hal promosi yang tergantung pada manfaat dan segi penawarannya. 
  • Pengaruh usaha Perusahaan dan saingan terhadap volume penjualan 
  • Semakin besar usaha-usaha yang dikeluarkan dalam marketing mix untuk penawaran yang ada, akan semakin besar pula penjualannya. Bagaimanapun, persentase yang lebih besar dari penjualan total perusahaan akan bertambah dengan adanya usaha marketing mix yang lebih besar. 
  • Efektivitas Marketing Mix Perusahan dalam hubungannya dengan volume penjualan 
  • Seberapa jauh efektivitas pengeluaran yang dilakukan oleh perusahaan terhadap volume penjualannya. 
  • Marketing Mix untuk beberapa jenis produk (dan Jasa) 
  • Marketing mix yang diterapkan pada setiap jenis produk adalah berbeda. Volume penjualan dan laba dapat dimaksimumkan jika marketing mixnya sesuai dengan penawaran perusahaan. 

2.3. Sebuah model untuk mengambil keputusan 
Ada beberapa faktor yang harus dipertimbangkan untuk mengambil keputusan secara efektif tentang produk. Faktor-faktor tersebut merupakan bagian atau elemen yang ada dalam sebuah model untuk mengambil keputusan tentang produk. 

Elemen yang dimaksud adalah : 
1. Analisa pasar 
Pengambilan keputusan tentang produk diawali dengan menganalisa pasarnya. Analisa pasar ini membuka kesempatan untuk memperkenalkan produk baru yang menguntungkan 

2. Memonitor lingkungan 
Dengan sumber-sumber yang terbatas dan terpengaruh oleh faktor-faktor lingkungan, perusahaan harus berusaha memanfaatkan secara penuh kesempatan yang ada. Faktor-faktor lingkungan yang dimaksud adalah faktor lingkungan ekstern seperti : Demografi, kondisi perekonomian, sosial dan kebudayaan, politik dan hukum, teknologi dan persaingan 

3. Menentukan tujuan produk 
Tahap ini berupa menentukan tujuan khusus setiap penawaran. Umumnya tujuan ini dikaitkan dengan masalah-masalah seperti : 
· Pengembangan investasi 
· Laba 
· Market share atau volume penjualan. 

4. Menentukan Marketing mix 
5. Penerapan keputusan-keputusan Marketing Mix 

Keputusan tersebut dapat dilaksanakan dengan menentukan : Apa, siapa, mengapa, bagaimana, Kapan, dimana. 

6. Mengadakan Prosedur Pengawasan 
Sistem pengawasan perlu diadakan dalam manajemen produk dan merupakan tahap terakhir. Tahap tersebut adalah : 
· Memilih kriteria pengawasan 
· Pengukuran kriteria 
· Penentuan standard kerja 
· Memonitor kejadian 
· Membandingkan hasil dengan standard
Share this article :

Post a Comment

 
Design Template by panjz-online | Support by creating website | Powered by Blogger