News Update :
Home » » Perencanaan Pesan-Pesan Bisnis

Perencanaan Pesan-Pesan Bisnis

Penulis : kumpulan karya tulis ilmiah on Tuesday, October 8, 2013 | 6:39 AM

Perencanaan Pesan-Pesan Bisnis 
Secara umum komunikasi bisnis mempunyai tiga tujuan yaitu : 
· informing maksudnya untuk memberi informasi 
· persuading yaitu memberi persuasi 
· coolaborating yaitu melakukan kolaborasi dengan audience 

Untuk bisa merealisasikan tujuan komunikasi bisnis yang akan dilakukan tentu saja diperlukan tahapan perencanaan pesan apa yang harus diberikan kepada pihak lain. 
Perencanaan pesan merupakan suatu langkah strategis bagi pencapaian tujuan organisasi secar menyeluruh, dan merupakan salah satu faktor penentu keberhasilan komunikasi. Dengan pesan-pesan bisnis yang terencana dengan baik akan mempermudah pencapaian tujuan komunikasi. 

Penyusunan pesan-pesan bisnis meliputi tiga tahap yaitu : 
  • Perencanaan ; seperti tujuan komunikasi, siapa audience yang akan menerima, ide pokok, pesa-pesannya, saluran yang akan digunakan. Termasuk kemampuan retorika yang digunakan. 
  • Komposisi ; erat dengan penyususn kata-kata, kalimat dan paragraf. Maka penggunaan kata-kata yang sederhana, mudah dipahami, dimengerti dan dilaksanakan oleh si penerima akan memudahkan pencapaian tujuan. 
  • Revisi ; penelaahan kembali apakah sudah sesuai dengan yang dimaksud atau belum. 
Pengorganisasian Pesan-Pesan Bisnis 
Kadangkala dalam organisasi bisnis pesa-pesan bisnis yang disampaikan oleh para pimpinan kepadapara bawahan sering tidak terorganisasi dengan baik. Hal ini menjadikan pesan-pesan yang disampaikan tidak mengenai sasaran atau hasilnya tidak sesuai dengan apa yang dikehendaki. Ada empat penyebab terjadi kondisi yang demikian : 
1. bertele-tele 
2. memasukkan bahan-bahan yang tidak relevan 
3. penyajian ide-ide secara tidak logis 
4. informasi penting kadangkala tidak tercakup dalam pembahasan 

Untuk itu pengorganisasian suatu pesan merupakan hal yang dicermati seperti : 
1. Subjek dan tujuan harus jelas 
2. Semua informasi harus berhubungan dengan subjek dan tujuan 
3. Ide-ide harus dikelompokkan dan disajikan dengan cara yang logis 
4. Semua informasi yang penting harus sudah tercakup 

Revisi Pesan-Pesan Bisnis 
Setelah tahapan perencanaan, pengorganisasian dan pembuatan pesan-pesan bisnis dilakukan langkah selanjutnya adalah melakukan perbaikan (revisi) terhadap pesan-pesan bisnis. Revisi ini diperlukan agar pesan-pesan yang telah direncanakan dan dibuat dapat ditinjau ulang, untuk menghindari kemungkinan adanya kesalahan atau kekurangan, sehinggan sesuai dengan yang dikehendaki. 

Beberapa hal yang harus ditelaah ul;ang adalah isi maupun pengorganisasiannya, gaya bahasa yang dipakai, susunan bahasanya serta format penulisannya. Untuk penggunaan kata hjendaknya memilih kata yang sudah dikenal, singkat dan menghindari kata-kata yang bermakna ganda.
Share this article :

Post a Comment

 
Design Template by panjz-online | Support by creating website | Powered by Blogger