News Update :
Home » » Strategi Pemasaran

Strategi Pemasaran

Penulis : kumpulan karya tulis ilmiah on Sunday, October 6, 2013 | 3:26 AM

Strategi Pemasaran 
Perbedaan pengertian antara istilah strategi, tujuan dan taktik adalah : 

· Tujuan : 
Tujuan perusahaan adalah memberikan kepuasan kepada pembeli dan masyarakat yang lain dalam pertukarannya untuk mendapatkan sejumlah laba, atau perbandingan antara penghasilan dan biaya yang menguntungkan. 

· Strategi : 
Strategi adalah suatu rencana yang diutamakan untuk mencapai tujuan perusahaan. Beberapa perusahaan mungkin mempunyai tujuan yang sama tetapi strategi yang dipakai untuk mencapai tujuan tersebut dapat berbeda. Strategi dibuat berdasarkan suatu tujuan. 

· Taktik : 
Taktik adalah tahap-tahap atau langkah-langkah tertentu yang dipakai untuk melaksanakan strategi. Jika manajemen sudah merumuskan tujuan dan strateginya, maka ia berada dalam posisi untuk menentukan taktik. 

Ada perbedaan yang paling mendasar antara taktik dan strategi, yaitu : 
  • Strategi mempunyai ruang lingkup yang lebih luas dibandingkan dengan taktik 
  • Strategi pemasaran memerlukan keputusan dari manajemen tentang elemen-elemen marketing mix perusahaan, sedangkan taktik merupakan program tertentu untuk jangka pendek. 
  • Strategi bersifat permanen sehingga sulit dan memakan biaya besar jika diadakan perubahan, sedangkan taktik dapat diubah dengan mudah. 
Contoh : 
Produsen obat tradisional (jamu), menggunakan: 

Strategi untuk memenuhi keinginan masyarakat akan obat yang berkhasiat tinggi. 

Taktik berupa penawaran harga yang murah, dalah jumlah pembelian tertentu akan mendapatkan kalender, dll 

Adapun elemen-elemen strategi pemasaran beserta hubungan antara masing-masing elemen dapat dilihat pada gambar berikut : 
Gambar 2.1. Elemen-elemen Strategi Pemasaran 


Pengembangan Strategi Pemasaran 
Ada 5 konsep yang mendasari suatu strategi pemasaran, yaitu : 

· Segmentasi pasar 
Merupakan dasar untuk mengetahui bahwa setiap psar itu terdiri atas beberapa segmen yang berbeda-beda. Dalam setiap segmen terdapat pembeli-pembeli yang mempunyai : 
- kebutuhan yang berbeda-beda 
- pola pembelian yang berbeda-beda 
- tanggapan yang berbeda-beda terhadap berbagai macam penawaran 

· Penentuan Posisi Pasar 
Perusahaan berusaha memilih pola konsentrasi pasar khusus yang dapat memberikan kesempatan maksimum untuk mencapai tujuan sebagai pelopor. Perusahaan baru dapat beroperasi setelah memperoleh posisi tertentu di pasar. Untuk mencapai posisi yang kuat perusahaan harus dapat memasuki segmen pasar yang menghasilkan penjualan serta tingkat laba paling besar. 

· Strategi Memasuki Pasar 
Adalah menentukan bagaimana memasuki segmen pasar yang dituju. Perusahaan dapat menempuh beberapa cara untuk memasuki segmen pasar yang dituju, yaitu : 
- membeli perusahaan lain 
- berkembang sendiri 
- mengadakan kerjasama dengan perusahaan lain masalah-masalah yang harus diperhatikan dalam memilih cara memasuki pasar adalah : 

1. Membeli perusahaan lain 
- Perusahaan yang membeli tidak banyak mengetahui tentang pasar dari perusahaan yang dibeli 
- sangat menguntungkan untuk memasuki pasar dari perusahaan yang dibeli secepatnya 

Berkembang Sendiri 
- Memperoleh hak patent 
- Skala produksi yang paling ekonomis 
- Memperoleh saluran distribusi 
- Menentukan supplier yang paling menguntungkan 
- Biaya promosi yang mahal 

Kerjasama dengan perusahaan lain 
- Resiko ditanggung bersama-sama, jadi resiko masing-masing perusahaan menjadi berkurang 
- Perusahaan dapat saling melengkapi atau menutupi kekurangan-kekurangan yang ada, karena mereka 
  memiliki keahlian dan sumber sendiri-sendiri. 

· Strategi Marketing Mix 
Marketing Mix adalah kombinasi dari empat variabel atau kegiatan yang merupakan inti dari sistem pemasaran perusahaan, yaitu : produk, struktur harga, kegiatan promosi dan sistem distribusi. Variabel-variabel marketing mix ini dapat dipakai sebagai dasar untuk mengambil suatu strategi dalam usaha mendapatkan posisi yang kuat dipasar. 

· Strategi Penentuan Waktu 
Perusahaan dapat mengalami kegagalan dalam mencapai tujuan apabila bergerak terlalu cepat atau terlalu lambat. Oleh karena itu masalah penentuan waktu yang tepat sangat penting bagi perusahaan untuk melaksanakan program pemasarannya.
Share this article :

Post a Comment

 
Design Template by panjz-online | Support by creating website | Powered by Blogger